Presiden PH Marcos Dilantik sebagai Penerus Duterte

Presiden dan Wakil Presiden Filipina

Presiden dan Wakil Presiden Filipina

Ferdinand “BongBong” Marcos Jr. resmi dilantik sebagai Presiden Filipina ke-17, menggantikan mantan Presiden Rodrigo Duterte.

Marcos Jr. adalah putra dari diktator lama Ferdinand Marcos Sr. yang memerintah Filipina selama dua dekade dari tahun 1965 hingga pengasingannya pada tahun 1986. Setelah 36 tahun, keluarga Marcos kembali menguasai Filipina.

Setelah diambil sumpahnya sebagai Presiden terpilih, Marcos menyatakan bahwa negara ini memiliki jalan yang sulit di depan dan bahwa Filipina akan membangun kembali dengan lebih baik. Marcos telah membahas beberapa isu penting, termasuk perdagangan dengan China, pertanian, dan pemulihan ekonomi.

Wakil Presiden Duterte

Juga dilantik baru-baru ini adalah Wakil Presiden Sara Duterte, putri Presiden Rodrigo Duterte yang akan keluar. Dia adalah wakil presiden ke-15 dan wakil presiden wanita ketiga di negara itu. Upacaranya diadakan di Davao, di mana dia terpilih sebagai walikota.

Setelah diambil sumpahnya, Duterte mengatakan bahwa dia bukan orang paling cerdas di dunia, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan ketangguhan hatinya. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa suara 32,2 juta orang Filipina keras dan jelas dan bahwa dia akan melayani tanah airnya.

Sara Duterte menjabat

Pengangkatan Kabinet Lainnya Di Cakrawala

Ketika pemerintahan baru mengambil alih, beberapa kantor pemerintahan akan ditunjuk sebagai pemimpin baru. Beberapa posisi yang kemungkinan akan melihat penunjukan baru adalah Komisi Olahraga Filipina, PAGCOR, dan sektor game lainnya di seluruh Filipina.

Menurut Presiden Marcos, Andrea Domingo masih akan memimpin Philippine Amusement and Gaming Corporation (PAGCOR) meskipun rumor di media sosial mengklaim bahwa pengacara George Garcia akan mengambil posisi ketua. Domingo diangkat ke puncak PAGCOR oleh Presiden Duterte pada Mei 2016.

Komisi Olahraga Filipina juga memicu desas-desus tentang penunjukan baru meskipun ketua saat ini Butch Ramirez sukses di posisi itu. Di bawah kendali Ramirez, Filipina memenangkan medali emas Olimpiade pertama mereka, menikmati banyak kesuksesan di SEA Games, dan melawan COVID dengan teknik inovatif untuk atlet dan penggemar.